Fungsi Kemasan

Kemasan adalah bagian yang sangat diperhatikan oleh banyak perusahaan, karena menurut mereka kemasan itu tidak hanya bermanfaat sebagai pembungkus produk namun juga memiliki fungsi lain. Ya memang pada dasarnya sebuah kemasan di cetak dengan 2 tujuan.

1. Fungsi proteksif

Yaitu fungsi kemasan untuk melindungi produk agar kualitasnya kualitasnya tetap terjaga hingga produk tersebut sampai ke tangan konsumen. Ada banyak hal yang dapat menurunkan nilai jual dan kualitas produk, diantaranya benturan dengan benda lain dan cuaca. Namun dengan adanya kemasan produk akan tetap terlindungi dan tidak langsung berhubungan dengan faktor-faktor yang dapat merusakknya. Terkait dengan fungsi ini sebuah kemasan haruslah dibentuk dengan bentuk dan ukuran yang sesuai dengan produk, selain itu bahan yang digunakan haruslah mampu melindungi produk dari faktor-faktor luar yang mungkin dapat mengurangi kualitas dan nilai jual produk.

2. Fungsi promosional

Yaitu kemasan berfungsi sebagai alat untuk melakukan promosi agar masyarakat lebih mudah mengenali brand perusahaan. Terkait dengan fungsinya ini sebuah kemasan harus memiliki desain yang menarik yang mampu menjadi ciri khas dari produk yang anda jual. Bentuk kemasan yang unik dan menarik selalu bisa membuat para pelanggan teringat padanya. Terkait dengan fungsi promosi, kemasan haruslah disertakan dengan informasi penting terkait produk yang dijual, sehingga para pelanggan dapat dengan mudah mengetahui klebihan dari produk anda. Dengan begitu orang-oarang yang mengenali produk anda akan semakin banyak dan kemungkinan produk anda mendunia semakin tinggi.

Tips Memilih Jasa Cetak Kemasan Yang Tepat

Membuat kemasan tidaklah dapat anda lakukan sendiri, membutuhkan teknik yang tepat dan keahlian khusus untuk dapat menciptakan sebuah kemasan yang sesuai dengan produk dan yang mampu membuat produk anda dikenal dunia. Untuk itu sebaiknya anda gunakan jasa cetak kemasan. Memilih jasa kemasan membutuhkan beberapa pertimbangan yaitu:

1. Reputasi

Reputasi dari jasa percetakan kemasan harus anda perhatikan, karena ini menyangkut keprofessionalan jasa tersebut dalam kinerjanya. Semakin bagus reputasinya di mata para pelanggan maka dapat dipastikan semakin baik kinerjanya dalam mencetak kemasan.

2. Perhatikan alat dan bahan yang diguankan

Alat cetak kemasan seperti mesin pencetak harus anda perhatikan, sebaiknya anda menggunakan jasa cetak kemasan yang menggunakan mesin pencetak khusus yang sesuai dengan produk anda dan menggunakan bahan pencetak yang berkualitas, mulai dari jenis tinta yang digunakan hingga ke pemilihan bahan kemasan.

3. Biaya dan waktu

Biaya cetak kemasan merupakan hal penting yang harus anda perhatikan ketika memilih jasa cetak kemasan. Jangan tergiur dengan harga yang murah, anda harus mengecek kemasan yang dihasilkan agar anda tidak merasa dirugikan dikemudian hari. Pastikan pula jasa tersebut mampu bekerja sesuai target dengan waktu yang telah disepakati.