Pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah– perlu anda ketahui, jika anda henda memasang penal surya di rumah, anda harus tahu apa saja komponen yang ada yang dapat menunjang fungsi dari pembengkit listrik tersebut. Dengan begitu, anda bisa mempersiapkan ruangan untuk menempatkan beberapa komponen pendukungnya. Cara ini agar memudahkan anda agar tidak mengganggu aktivitas anda di rumah.

Lalu Apa Saja Komponen Sistem PLTersebut?

Panel surya au solar cell adalah komponen utama yang sangat penting untuk pembangkit listrik tenaga sura, yang fungsinya menangkap sinar matahai untuk dijadikan energi listrik yang bisa digunakan sepanjang hari. Tenaga listrik akan selalu ada selama matahari bersinar. Adapun energi matahari yang kita ubah menjadi listrik, umumnya hanya  5 jam sepanjang hari.adapun tenaga listrik pada pagi hingga sorenya akan tersimpan di baterai, sehingga listrik dapat digunakan untuk mala harinya.

Dikanakan kita membutuhkan cahaya dari matahari, maka kita harus melaukan perencanaan yang baik. Berikut tips yang bisa kami bagikan, diantaranya:

  • Perencanaan terhadap jumlah daya yang akan dibuthkan untuk pemakaian watt tiap harinya
  • Berapa besar arus yang akan dihasilakn oleh solar cell,artinya anda harus memperhitungkan jumlah solar cell yang akan anda pasang.
  • Perencanaan terhadap jumlah baterai yang ingin digunakan untuk kapasitas yang dibutuhkan

Inilah beberapa pertimbangan yang harus anda rencanakan saat akan menggunakan panel surya untuk rumah anda. panel surya ini, selain bisa untuk rumah, sangat cocok untuk daerah terpencil, sepertipertabangan, perkebunan perikanan, desa terpencil dan sebagainya yang belum ada aliran listrik dari PT PLN.

PLTS ini memiliki daya yang cukup lama, yau setar 20-25 tahun dan untuk beberapa komponenenya daya tahannya sekitar 3-5 tahun. Selain solar cell, ada juga beberapa komponene lainnya, yaitu:

  • Charge controller
  • Baterai
  • Inverter DC to AC

Panel surya menggunakan efek fotoeletrik, panel sendiri terdiri dari tiga lapisan, mulai dari lapisan penl P yang ada pada bagian atas, lapisan pembatas yang ada di tengah, dan terakhir lapisan panel N yang ada pada bagian terbawah.

Inilah beberapa komonen yang harus anda ketahui jika henda memasang pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah, semoga bermanfaat.