Keahlian berbahasa Inggris terdiri dari beberapa macam yaitu writingspeakinglistening, dan reading skills. Jadi ketika kamu belajar bahasa Inggris online ataupun tidak, usahakan apa yang kamu pelajari tersebut mencakup 4 aspek tersebut.

Untuk speaking skill atau keahlian berbicara akan lebih baik kalau kamu belajar dengan teman. Tambah baik lagi kalau teman bicara kamu itu seorang native speaker. Sayangnya, tidak semua orang punya kesempatan bertemu dengan native speaker ataupun punya rasa percaya diri untuk bicara dalam bahasa Inggris. Jangan berkecil hati dulu karena kamu masih bisa belajar bahasa Inggris speaking skill otodidak walaupun tanpa mitra bicara. Ikuti caranya berikut ini:

Bicara depan kaca

Kalau tidak ada orang lain yang bisa dijadikan mitra bicara, ya jadikan diri kamu sendiri aja sebagai mitra dengan cara bicara sendiri di depan kaca. Topik pembicaraan terserah kamu. Set waktu bicara kira-kira 2-3 menit lalu bicaralah apa saja yang terlintas di pikiran selama waktu tersebut di depan kaca. Usahakan jangan berhenti dan lupakan soal grammar karena yang diutamakan adalah kelancaran bicara bukan keakuratan tata bahasa. Berlatih bicara di depan kaca selain mengasah keahlian berbicara bahasa Inggris, juga dapat membantu kamu mengevaluasi bagaimana ekspresi wajah dan gerakan tubuhmu saat berbicara. Evaluasi ini sangat bermanfaat sekali jika kelak kamu akan presentasi atau berdiskusi dalam bahasa Inggris.

Gunakan film dan lagu favoritmu sebagai alat bantu belajar bahasa Inggris

Agar kamu mahir dalam belajar bahasa inggris, pilih bagianlah tertentu dalam film yang kamu tonton secara online lalu ikuti pembicaraannya. Dengarkan dengan seksama bagaimana nada bicaranya aktor saat berbicara, kecepatannya, aksennya, dan apa yang harus ditekankan dari sebuah kata untuk membedakan pengertian (karena banyak kata dalam bahasa Inggris yang tulisannya sama tapi pengertiannya bisa berbeda dari cara pengucapannya) lalu ikuti. Saat kamu mengikutinya, bayangkan kalau kamu adalah seorang native speaker.

Ikutlah bernyanyi saat kamu mendengar lagu favoritmu. Tipe musik yang paling tepat untuk melatih kemampuan bicara bahasa Inggris adalah rap. Kalau kamu bisa mengikuti kecepatan rapper tanpa lidahmu jadi belibet, itu berarti kamu sudah mulai fasih bicara bahasa Inggris.

Bacalah kalimat tongue twister keras-keras

Kalimat tongue twister adalah kalimat yang kalau dibaca cepat-cepat bisa bikin lidah jadi belibet. Contoh kalimat tongue twister seperti ini “The thirty-three thieves thought that they thrilled the throne throughout Thursday.” Cobalah bicara keras-keras dan cepat. Pasti kamu merasa tidak mudah melakukannya. Kamu bisa mulai pelan-pelan dulu lalu semakin lama kecepatan bacanya ditambah. Kalimat tongue twister ini bisa melatih cara pengucapan atau pronounciation. Di internet ada banyak kalimat tongue twister yang bisa kamu dapatkan secara online untuk belajar bahasa Inggris speaking skill. Teruslah berlatih mengikuti cara belajar bahasa Inggris seperti di atas supaya kamu semakin percaya diri dan lancar bicara dalam bahasa Inggris.